Fri. May 17th, 2024

Anies dan Ganjar Diprediksi Kembali “Keroyok” Prabowo pada Debat Terakhir

By Sumatera Info Jan 29, 2024
Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2024/01/29/16190971/anies-dan-ganjar-diprediksi-kembali-keroyok-prabowo-pada-debat-terakhir

JAKARTA, KOMPAS.comĀ – Calon presiden nomor urut 1 dan 3, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, diprediksi bakal kembali “kompak” menyerang calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto pada debat kelima Pemilihan Presiden 2024, Minggu (4/2/2024). Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno mengatakan, Prabowo akan menjadi sasaran tembak karena merupakan representasi kekuasaan Presiden Joko Widodo. “Saya menduga Anies dan Ganjar akan tampil maksimal seperti debat sebelumnya dan pada saat bersamaan akan total menyerang Prabowo yang juga merupakan representasi politik kekuasaan Jokowi hari ini,” kata Adi kepada Kompas.com, Senin (29/1/2024).

Adi menuturkan, debat kelima memang mengangkat tema yang umum dan dapat dipahami oleh semua kandidat, yakni kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. “Meski begitu, secara umum tema ini lebih dekat dengan Ganjar dan Anies mengingat keduanya pernah jadi gubernur yang dalam banyak hal pasti paham,” ujar Adi. Ia pun menilai Prabowo bakal tampil defensif seperti debat-debat sebelumnya sambil menangkis serangan dari Anies dan Ganjar. “Meski begitu, soal debat pamungkas Prabowo juga pasti lebih siap, terutama mengantisipasi serangan maut dari Anies dan Ganjar,” kata Adi.

Di sisi lain, Adi mengingatkan bahwa para kandidat mesti tampil sempurna dan elegan karena debat mendatang adalah debat pamungkas yang dapat memengaruhi pilihan politik para undecided voters. Menurut dia, kandidat mesti terlihat menguasai masalah dengan data akurat mampu menjatuhkan lawan dengan data yang akurat, serta menunjukkan kedewasaan saat debat dengan tidak terlihat reaktif dan emosional. “Paslon harus tampil agresif elegan. Satu sisi harus elegan tampil sempurna dengan fakta terukur, tapi sisi lainnya harus berani menyerang sisi kelemahan lawan dengan cara elegan pula. Jangan takut tampil menyerang total,” ujar Adi. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2024/01/29/16190971/anies-dan-ganjar-diprediksi-kembali-keroyok-prabowo-pada-debat-terakhir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *