Wed. Jul 17th, 2024

Indonesia di Piala Asia: 16 Besar Sudah Sejarah, Berikutnya Harus Lebih Tinggi

By Sumatera Info Jan 29, 2024
Sumber : https://bola.kompas.com/read/2024/01/29/17000058/indonesia-di-piala-asia–16-besar-sudah-sejarah-berikutnya-harus-lebih-tinggi

KOMPAS.com – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, optimistis dengan masa depan timnas Indonesia setelah melihat perjuangan Garuda di Piala Asia 2023.  Indonesia yang merupakan tim termuda di Piala Asia 2023 terhenti pada babak 16 besar Piala Asia 2023 usai kalah 0-4 dari Australia di Stadion Jassim bin Hamad, Qatar, Minggu (28/1/2024).  Socceroos, julukan Australia, mencetak empat gol berkat gol bunuh diri Elkan Baggott serta aksi Martin Boyle, Craig Goodwin, dan Harry Souttar.  Erick Thohir mengatakan, timnas Indonesia mendapatkan pelajaran dan pengalaman berharga untuk bisa terus meningkatkan mental dan kualitas permainan.

“Artinya, tim yang mayoritas berusia muda ini telah melakoni empat laga dengan lawan-lawan yang punya kualitas di atas,” kata Erick, dikutip dari laman resmi PSSI.  “Ada pengalaman yang diperoleh, ada mental yang levelnya seharusnya naik karena melawan tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Australia,” tuturnya.  Erick juga menegaskanya bahwa keberhasilan lolos ke 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya menjadi modal untuk Garuda terbang lebih tinggi lagi.  “Ini modal yang baik. Ibaratnya, jika kali ini 16 besar dan itu sudah sejarah, berikutnya harus lebih tinggi,” tutur Erick. 

Pria yang juga Menteri BUMN itu mengatakan, timnas Indonesia sudah menampilkan yang terbaik hingga babak 16 besar Piala Asia 2023.  Namun, Erick mengakui timnas Indonesia masih perlu penyempurnaan untuk bisa meraih prestasi.  “Di luar skor, saya menilai pemain sudah maksimal, ingin memberikan yang terbaik, tampil lepas, semangat, dan tidak takut,” ujarnya.  “Artinya, dari segi materi pemain, inilah timnas terbaik kita. Tapi kita butuh lebih untuk penyempurnaan taktik dan strategi agar tim ini makin berprestasi,” katanya. 

Erick meminta kekalahan dari Australia pada 16 besar Piala Asia 2023 tak perlu lama disesali. Sebab, timnas Indonesia masih dinanti sejumlah turnamen besar di berbagai kelompok umur.  Ia pun percaya timnas U23 Indonesia yang akan bertanding pada Piala Asia U23 2024 bisa melaju lebih jauh.  “Modal usia muda dengan tambahan pengalaman di Piala Asia ini seharusnya menjadi suatu yang lebih besar prestasinya di Piala Asia mendatang,” ucapnya.  “Saya berharap, kekalahan dari Australia tidak perlu diratapi. Masih ada target prestasi yang harus ditunjukkan bagi pemain dan juga pelatih. Saya percaya tim U23 bisa masuk 8 besar,” ujar Erick.
Sumber : https://bola.kompas.com/read/2024/01/29/17000058/indonesia-di-piala-asia–16-besar-sudah-sejarah-berikutnya-harus-lebih-tinggi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *