Tue. Apr 23rd, 2024

5 Rekomendasi Wisata Imlek Ala Sandiaga Uno untuk Long Weekend

By Sumatera Info Jan 31, 2024
Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20240130101732-33-510071/5-rekomendasi-wisata-imlek-ala-sandiaga-uno-untuk-long-weekend

Jakarta, CNBC Indonesia – Menjelang Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili yang jatuh pada 10 Februari 2024 mendatang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, memberikan rekomendasi destinasi wisata Imlek bagi para pelancong di Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang tercatat dengan Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 4 Tahun 2023, masyarakat akan memperoleh long weekend untuk libur Imlek.

Dalam SKB Tiga Menteri tersebut, Jumat, 9 Februari 2024 mendatang ditetapkan sebagai cuti bersama Tahun Baru Imlek 2475 Kongzili. Kemudian, Tahun Baru Imlek jatuh pada Sabtu 10 Februari 2024).

Dengan demikian, masyarakat bisa menikmati libur selama tiga hari, yakni mulai Jumat, 9 Februari 2024 sampai Minggu, 11 Februari 2024.

Sandiaga berharap, momen long weekend yang bertepatan dengan Tahun Baru Imlek ini dapat menjadi salah satu penopang untuk mencapai target 14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 1,25 sampai 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

“Kami sudah menyiapkan peta perjalanan untuk liburan Imlek, yaitu destinasi wisata di Jakarta, Surakarta, Semarang, Palembang, dan Singkawang,” kata Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (29/1/2024).

“Kita terus mendorong agar festival Cap Go Meh maupun penyambutan Tahun Baru Imlek ini mengedepankan kearifan lokal dan budaya masyarakat Tionghoa setempat, termasuk heritage tourism,” lanjutnya.

Berikut rekomendasi destinasi wisata Imlek yang direkomendasikan Kemenparekraf:

1. Petak Sembilan, Jakarta

Petak Sembilan Glodok yang terletak di Jalan Kemenangan Raya, Glodok, Jakarta Barat adalah destinasi wisata Imlek pertama yang direkomendasikan oleh Sandiaga Uno.

“Di Jakarta ada Glodok Petak Sembilan Jakarta yang telah menjadi Desa Wisata Pecinan Glodok dan paket wisatanya sudah kita siapkan,” kata Sandi.

Meskipun belum dijabarkan secara rinci terkait paket wisata yang sudah disiapkan, Glodok memang merupakan kawasan yang otentik dan memiliki nuansa yang khas, terutama menjelang Imlek.

Kawasan Petak Sembilan sudah dikenal sebagai pusat niaga dan kuliner di Glodok. Biasanya, Petak Sembilan menjadi tempat bagi masyarakat keturunan Tionghoa untuk membeli baju, lampion, alat peribadatan Budha dan Konghucu, hingga makanan khas masyarakat Tionghoa lainnya.

Selain Petak Sembilan, Anda juga bisa mengunjungi destinasi lain di Glodok, seperti Pantjoran Tea House, Vihara Dharma Bhakti, Es Kopi Tak Kie, hingga berbagai kuliner vegetarian.

2. Semarang, Jawa Tengah

Ibu kota Jawa Tengah, Semarang, menjadi destinasi wisata Imlek kedua yang direkomendasikan Menparekraf. Sandi mengatakan, Semarang akan mengadakan arak-arakan patung dan festival dalam menyambut Imlek.

“Di Semarang ada Kawasan Kauman, Semarang Tengah, yaitu destinasi Pecinan dengan arak-arakan patung Sampookong dan beberapa festival,” ujar Sandi.

Mengutip dari laman resmi Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Semarang, Sampookong Imlek Festival akan berlangsung pada Rabu, 7 Februari hingga Minggu, 11 Februari mendatang.

Menurut jadwal, festival ini mulai dibuka pukul 08.00 WIB di Kelenteng Sampookong Semarang.

3. Surakarta (Solo), Jawa Tengah

Surakarta menjadi rekomendasi sekaligus destinasi wisata Imlek yang akan dihadiri oleh Sandiaga Uno. Menurut Sandi, Solo akan menyuguhkan atraksi wisata yang menarik saat Imlek, yakni Grebeg Sudiro.

“Di Solo akan ada desa wisata atau destinasi wisata Pecinan, yaitu Pasar Gede Solo dengan atraksi Grebeg Sudiro yang dimulai 28 Januari sampai 10 Februari,” jelas Sandi.

“Rencananya saya akan hadir juga,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Grebeg Sudiro adalah acara tahunan yang merupakan bentuk akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa. Tahun ini, Grebeg Sudiro mengambil tema “Bersatu dalam Kebhinekaan”.

Dalam rangkaian Grebeg Sudiro, terdapat berbagai atraksi kebudayaan, seperti pertunjukan kesenian, karnaval budaya, hingga pembagian 4.000 kue keranjang.

4. Palembang, Sumatra Selatan

Palembang, Sumatra Selatan menjadi destinasi wisata Imlek keempat yang direkomendasikan Sandi. Diketahui, Palembang adalah salah satu kota yang cukup banyak dihuni oleh masyarakat keturunan Tionghoa.

“Di Palembang ada destinasi wisata Pulau Kemaro. Ada atraksi kesenian Barongsai dan sebagainya,” kata Sandi.

Sebagai informasi, Pulau Kemaro adalah pulau kecil yang terletak di tengah Sungai Musi dan sekitar 6 kilometer dari Jembatan Ampera. Ada berbagai objek wisata menarik di sini, seperti Kelenteng Hok Tjing Bio dan Pagoda Lantai 9.

5. Singkawang, Kalimantan Barat

Singkawang adalah salah satu kota di Indonesia yang mayoritas penduduknya beretnis Tionghoa. Bahkan, Singkawang menjadi kota dengan mayoritas Chindo terbesar di Indonesia dengan julukan Kota Seribu Kelenteng.

“Karisma Event Nusantara (KEN) tahun ini mempersembahkan festival Cap Go Meh di Singkawang,” seru Sandi

Mengutip dari laman resmi Media Center Kota Singkawang, ada 6.000 lampion yang akan menghiasi jalan Kota Singkawang. Selain itu, Bundaran 1001 dan Beringin Corner juga akan dihiasi dengan ornamen naga.

Namun, perayaan Cap Go Meh di Singkawang akan mengalami perubahan konsep dan format. Sebab, Imlek tahun ini berdekatan dengan agenda nasional Pemilu 2024.

Perayaan Imlek 2575 dan Cap Go Meh 2024 akan diisi dengan Ritual Cuci Jalan, Festival Kuliner Cap Go Meh, Ritual Ket Sam Thoi, higga Cap Go Meh.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20240130101732-33-510071/5-rekomendasi-wisata-imlek-ala-sandiaga-uno-untuk-long-weekend

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *