Wed. May 15th, 2024

Solusi Mengatasi WiFi Lemot Supaya Internetan Lancar

By Sumatera Info Jan 31, 2024
Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240131063656-37-510329/solusi-mengatasi-wifi-lemot-supaya-internetan-lancar

Jakarta, CNBC Indonesia – Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Hampir semua orang mengakses internet tiap waktu, baik melalui HP maupun tersambung dengan Wifi.

Namun, kita juga sering dihadapi masalah internet yang lemot walau sudah memilih langganan internet dengan kapasitas dan kecepatan yang memadai.

Salah satu kemungkinan penyebab internet lemot adalah permasalahan pada jaringan wifi di rumah atau kantor.

Kecepatan download dan upload internet bisa terjadi karena jaringan wifi di rumah sesak digunakan oleh banyak perangkat pada waktu yang sama.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Berikut 8 tipsnya, dikutip dari laman Universitas Stekom, Rabu (31/1/2024):

1. Ubah Frekuensi Wifi di Android

Anda dapat mengubah frekuensi Wifi di perangkat Android untuk mengatasi wifi yang lemot. Ubahlah menjadi 5 Ghz, dengan frekuensi tinggi akan memiliki banyak ruang kosong pada spektrum.

Cara tersebut akan membuat saluran tidak saling tumpang tindih serta sinyal wifi menjadi lebih baik. Untuk mengubahnya masuk ke menu Settings > Wifi > Advanced > Wifi > 5 Ghz only

2. Upgrade Firmware Android

Cara lainnya adalah memperbarui firmware Android. Memeriksa pembaruan dan melakukan upgrade dapat dilakukan melalui menu Pengaturan > Tentang Ponsel > Pembaruan Perangkat Lunak.

3. Ubah Password Wifi Secara Berkala

Mengatasi wifi lemot juga bisa dengan mengubah password wifi. Lakukan ini secara berkala atau saat banyak yang menggunakannya dan membuat sinyal internet lemah.

4. Jauhkan dari Perangkat Elektronik Lain

Jauhkan ponsel dari perangkat elektronik lain juga bisa mengatasi internet yang lambat. Sebab perangkat elektronik dapat mengganggu sinyal wifi dan menyulitkan menangkap sinyal.

5. Hapus Koneksi Wifi Lama

Anda juga harus menghapus koneksi wifi yang lama dan tidak digunakan lagi. Jaringan yang tersimpan ternyata dapat mempengaruhi sinyal wifi pada perangkat ponsel.

Cara menghapus koneksi wifi dengan membuka Pengaturan > Wifi > Jaringan Tersimpan > pilih jaringan yang ingin dihapus dan klik tombol Forget.

6. Pindahkan Posisi Router

Pindahkan router ke posisi yang lebih baik untuk membuat sinyal lebih kuat. Misalnya dengan meletakkan pada tempat terbuka, karena tempat tertutup akan menghalangi router menangkap sinyal wifi.

7. Restart Router Secara Berkala

Selain mengubah password, Anda juga perlu restart router secara berkala. Suhu pada perangkat biasanya akan meningkat dan membuat sinyal melemah. Perangkat elektronik mentransmisikan sinyal panas akan membuat noise pada sinyal wifi.

8. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Terakhir adalah gunakan penguat sinyal. Aplikasi akan meningkatkan sinyal dan membuatnya tidak lemot lagi. Untuk menggunakan Anda hanya perlu menunggu proses penangkapan sinyal wifi.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240131063656-37-510329/solusi-mengatasi-wifi-lemot-supaya-internetan-lancar

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *